RSS

Longsor dan Ambles, Jalur Trans-Sulawesi Terancam Putus

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Belasan titik longsor dan jalan ambles terlihat di sepanjang jalur Mamasa, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kondisi ini menyebabkan jalur utama penghubung kedua kabupaten tersebut terancam putus. 

Sejumlah titik jalan yang ambles ke dalam jurang hingga lebih dari setengah badan jalan membuat kendaraan harus melaju bergantian dan berhati-hati. Kondisi ini dipicu derasnya curah hujan yang terjadi sejak Rabu hingga Kamis (28/11/2013) pagi ini.

Salah satu kondisi terparah terjadi di Desa Kelapa Dua, Polewali Mandar. Di lokasi ini dua kios di tepi jalan tertimbun longsor, sedangkan sejumlah rumah lainnya kini terancam ambles. 

Anto, salah satu warga korban longsor, mengaku masih beruntung. Pasalnya, saat kejadian, tak ada anggota keluarga di dalam rumah dan kiosnya yang tertimbun. "Warga khawatir longsor susulan masih akan terjadi, dan banyak rumah warga di sepanjang jalur ini terancam bahaya. Beberapa rumah yang tanahnya ambles juga terancam ambruk karena tanahnya terus terkikis banjir," ujar Anto.

Editor : Glori K. Wadrianto

0 komentar:

Posting Komentar