RSS

ITB Insight Festival Mengedukasi Masyarakat dengan Teknologi

Majalahinovasi.com – Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) Sabtu (23/11/2013) kemarin diramaikan dengan kegiatan ITB Insight Festival. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan mengedukasi masyarakat dengan teknologi.
Festival yang merupakan acara peringatan ulang tahun Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) ITB yang ke-60 ini mengusung tema festival Sound dan Lighting. ITB Insight Festival berusaha menghadirkan berbagai aplikasi teknologi di tengah-tengah masyarakat dengan sentuhan serta nuansa bermain yang fun dan ringan sehingga dapat mendekatkan dan mencerdaskan masyarakat
Dalam kegiatan yang digelar tersebut dihadirkan seminar sound engineer training sertagreen building for a comfortable and sustainable living. Ada juga berbagai wahana yang berisi berbagai hal berkaitan dengan fisika, mulai dari 3D Painting, Kursi Paku, Rumah Hantu 4D, Kutu-Kutu Listrik, Angklung Sihir, dan berbagai wahana edukasi fisika lainnya.
Puncaknya digelar stage performance yang menampilkan Netral dan band lainnya dan pertunjukkan video mapping.
Liter of Light Social Movement
Sebagai pre-event dari acara ini, HMFT ITB juga melakukan gerakan sosial untuk mengatasi masalah penerangan yang ada di masyarakat terutama di pemukiman padat yang bertajuk Liter of Light. Konsep dasarnya sederhana yakni pemanfaatan cahaya alami siang hari.
Dengan menggukan botol yang diisi air dan pemutih yang dipasang pada atap-atap seng rumah, cahaya matahari dapat didifusikan ke dalam bilik ruangan dan dapat memenuhi kebutuhan pencahayaan pada ruangan tersebut.
Gerakan Liter of Light ini telah diselenggarakan di dua daerah di Bandung, yaitu Desa Cicukang II (RW 07 Kelurahan Husein, Kecamatan Cicendo) dan RW 05 Kampung Jamika, pada 3 November 2013. Pada kedua desa tersebut dilakukan edukasi kepada warga berupa pelatihan pembuatan lampu botol dan juga pemasangan di beberapa rumah warga. Serta juga dilakukan pembuatan sebuah bilik atau ruangan sederhana sebagai ruang uji coba yang dipasang lampu botol, sehingga warga dapat mengetahui hasil dari pemasangan lampu botol.

0 komentar:

Posting Komentar